Banner_Header

Inilah Gua Ashabul Kahfi, Tempat Dimana Beberapa Pemuda Tertidur Selama 309 Tahun


KabarDuniaIslam - Di antara kisah yang difirmankan Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam Al Qur'an adalah kisah Ashabul Kahfi dimana sejumlah pemuda yang menyelamatkan iman dari pemimpin zalim. Ketika beristirahat dalam sebuah gua, Allah Subhanahu wa Ta'ala kemudian menidurkan mereka selama 309 tahun. Saat terbangun, mereka belum sadar dengan keajaiban tidur selama itu, mereka mengira hanya tidur semalam saja. Namun saat ke kota, mereka mendapati mata uang mereka sudah tidak laku dan pemimpin zalim itu pun mati dan berganti kepemimpinan yang lain.

Inilah Gua Ashabul Kahfi, Tempat Dimana Beberapa Pemuda Tertidur Selama 309 Tahun
Pintu Gua yang Diduga Tempat Ashabul Kahfi Bersembunyi
Sehubungan dengan adanya pendapat yang mengatakan bahwa letak gua tersebut di daerah Ephesus, Turki, Pemerintah Turki kemudian bersegera melakukan penggalian terhadap situs di Ephesus tersebut.

Namun, hasil yang didapat malah menguatkan hasil penemuan gua di Abu A'landa (Buloqaa), Yordania. Dan, Pemerintah Turki secara resmi mengakui bahwa situs Ashabul Kahfi itu terletak di Yordania ini. Menurut Pemerintah Turki, di Ephesus tidak terdapat tempat peribadatan dan tidak terdapat pahatan tulisan Byzantium, seperti yang terdapat di Buloqaa (Abu A'landa). Pendapat tersebut juga dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Anui Dajjani, seorang doktor dari jawatan purbakala Yordania, pada 1962.

Pendapat ini makin diperkuat lagi dengan ditemukannya sejumlah bukti 'kesejarahan' dari gua ini. Surah Al-Kahfi ayat 17 menyebutkan, matahari cenderung ke kanan dari gua mereka dan terbenam di sebelah kiri. Kemudian, dilanjutkan dengan kalimat, ''... sedang mereka berada dalam satu lapangan gua itu.'' (QS 18: 17). Lokasi gua Ashabul Kahfi di Abu Alanda, Yordania, memiliki sebuah lubang dari atas gua sehingga cahaya bisa masuk. Selain itu, bentuk gua yang terdapat di Abu Alanda sangat luas dan lapang serta tidak dalam.

Kemudian, pada ayat ke-21 dijelaskan, ''... Ketika mereka berselisih tentang urusan mereka, sebagian dari mereka berkata, 'Dirikanlah sebuah bangunan di sisi (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka.' Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata, 'Sesungguhnya, kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya.'''

Konon, di atas gua Ashabul Kahfi di Abu A'landa, terdapat rumah ibadah yang telah dibangun ketika itu. Rumah ibadah yang dimaksud adalah rumah ibadah penganut Nasrani. Ketika zaman Kerajaan Umawiah, rumah ibadah tersebut telah dijadikan masjid.

Inilah Gua Ashabul Kahfi, Tempat Dimana Beberapa Pemuda Tertidur Selama 309 Tahun
Monumen Gua Ashabul Kahfi
Pada 27 September 2006 silam, Raja Abdullah (Raja Yordania) meresmikan sebuah masjid baru di atas gua tersebut, yang diberi nama Masjid Ashabul Kahfi.

Lokasi gua tempat tertidurnya Ashabul Kahfi selama 309 tahun tersebut terletak di perkampungan Al Rajib di Yordania. Dalam Al Qur'an, tempat itu disebut Al Raqim. Al Rajib atau Al Raqim berjarak 1.5 km dari kota Abu A'landa Yordania.

Allahu a'lam

Sumber : Republika, Tarbiyah

0 Response to "Inilah Gua Ashabul Kahfi, Tempat Dimana Beberapa Pemuda Tertidur Selama 309 Tahun"

Posting Komentar

error: Content is protected !!
Close (x)