Banner_Header

Bantuan Darurat Pengungsi Aleppo & Warga Korban Perang Suriah


KabarDuniaIslam  - Serangan besar rezim Al Assad beserta sekutunya dari kalangan Syi'ah dan Rusia pada awal hingga medio Desember 2016 berdampak pada terjadinya pengungsian besar-besaran warga ibukota Aleppo. Mereka mengungsi setelah kubu rezim secara kekuatan menguasai sebagian besar wilayah Aleppo, dan sebelumnya mereka melakukan serangan yang banyak mengenai warga sipil. Banyaknya korban yang tewas membuat sebagian kalangan menyebut Tragedi Aleppo di bulan Desember 2016 sebagai "The New Srebenica".

Bantuan Darurat Pengungsi Aleppo & Warga Korban Perang Suriah
Bantuan Darurat Pengungsi Aleppo & Warga Korban Perang Suriah

Ya, apa yang terjadi di Aleppo mengingatkan kita akan tragedi pembantaian tahun 1995 yang lalu, di kota Srebrenica, Bosnia. Pembantaian yang dilakukan pasukan Republik Srpska dari etnis Serbia pimpinan Jenderal Ratko Mladic ini ditujukan kepada etnis muslim Bosniak, hingga menelan korban 8.373 jiwa menurut data resmi.

Korban jiwa tragedi Aleppo Desember 2016 ini memang tidak sebesar korban tragedi Srebenica Juli 1995. Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mencatat 465 warga sipil meninggal dunia di Aleppo Timur. Akan tetapi, jangan lupa bahwa Aleppo merupakan bagian kecil dari kebrutalan rezim Al Assad yang dilakukannya di berbagai penjuru wilayah Suriah. SOHR sendiri mencatat akumulasi korban jiwa dalam perang Suriah ini mencapai 437,363 jiwa, sebuah angka yang tidak bisa kita anggap remeh; apalagi kita tidak bisa menghitung korban jiwa YANG TAK TERCATAT.

Oleh karena itu, kami mengajak segenap kaum muslimin untuk turut berpartisipasi dalam pendonasian program bantuan kepada rakyat Suriah yang masih terkoyak dan terluka karena perang yang tak kunjung usai. Secara khusus, kami mengajak untuk memberikan perhatian lebih kepada ribuan penduduk Aleppo yang mengungsi, karena mereka harus angkat kaki dari kota tercintanya di saat musim dingin telah tiba. Bahkan, saat kami menulis artikel ini, salju telah turun di Suriah. Mereka sangat membutuhkan uluran tangan, terutama logistik makanan dan penghangat di musim dingin ini.

Kaum muslimin yang ingin berpartisipasi dalam pendonasian Program Peduli Muslim untuk Misi Kemanusiaan di Suriah 2017, dapat menyalurkan donasinya melalui rekening khusus misi kemanusiaan luar negeri Peduli Muslim berikut:

BNI Syariah, no: 04444.4321.1 a.n. Peduli Muslim
> Kode transfer bank dari non BNI: 009
> SWIFT CODE transfer dari bank luar negeri: BNINIDJA
> CP/informasi donasi: 0823.2258.9997 (sms/wa)

Catatan:
1. Batas akhir donasi pada hari Ahad, 4 Juni 2017 (hari-hari awal bulan Ramadhan)
2. Penyaluran bantuan insya Allah akan dimulai pada Januari 2017 hingga momen Ramadhan 1438 pada Mei - Juni 2017.

Semoga Allah ta’ala memberikan kesabaran kepada masyarakat Suriah atas penderitaan yang mereka alami. Dan semoga Allah memberikan balasan terbaik bagi segenap kaum muslimin yang membantu saudara-saudari kita di Suriah. Aamiin. [FP Peduli Muslim]


0 Response to "Bantuan Darurat Pengungsi Aleppo & Warga Korban Perang Suriah"

Posting Komentar

error: Content is protected !!
Close (x)